Thursday, August 28, 2008

Park Domain

PARK DOMAIN

Jika saat ini Anda sedang mencari alternatif investasi, ada baiknya untuk melirik suatu pilihan yang murah-meriah di dunia maya yaitu investasi pada lahan online. Seperti halnya membeli lahan di dunia nyata berupa tanah, dunia maya juga menyediakan lahan online bernama domain yang bisa disewa atau bahkan diperjual-belikan.

Domain bisa diibaratkan nama atau alamat dimana lahan tersebut kita miliki. Sebagai misal, jika lokasi toko fisik Anda berada di komplek Pasar Beringharjo nomor sekian Jogja, domain toko online misalnya adalah www.malioboromall.com. Pembeli ‘nyata’ akan datang ke alamat di komplek Pasar Beringharjo, sedangkan pembeli ‘maya’ akan mengunjungi www.malioboromall.com untuk masuk ke toko online.

Nah, jika Anda saat ini sudah memiliki lahan online bernama domain namun belum dipakai, ada satu program yang bisa membuat lahan online menjadi mesin penghasil uang yaitu park domain.
Melalui park domain, domain Anda akan disewa sebagai ‘lahan parkir’ domain-domain lain. Anda akan mendapatkan uang untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung yang mendatangi website tersebut. Uang tersebut datang dari para pengiklan (advertiser) yang mengiklankan situsnya melalui penyedia layanan parking. Jika sudah di-parkir, domain Anda kemudian akan berisi link-link dari advertiser atau pengiklan tersebut.

Program ini bisa dibilang sangat mudah dilakukan karena yang dibutuhkan hanya memiliki domain (tanpa hosting) tanpa perlu harus paham bahasa semacam HTML dan isi halaman (content). Meski bisa dibilang inilah kelebihan park domain, namun bisa juga berarti inilah kelemahan park domain. Domain yang hanya berisi link dan tidak memiliki content, jelas tidak memiliki daya tarik apa pun bagi pengunjung.
Anda bisa melihat contoh domain yang diparkir disini, apakah Anda akan mendatangi alamat domain tersebut untuk yang kedua kalinya jika tidak ada satu informasi pun yang bisa diperoleh kecuali hanya kumpulan link ?

Memang jika hanya mengandalkan klik dari pengunjung, pemilik domain bisa dibuat frustasi manakala domain tersebut miskin trafik. Namun ada satu potensi besar dari park domain yaitu bahwa domain juga bisa diperjual-belikan.

Nama domain dengan keyword yang bagus, keren atau banyak dicari orang, bisa membuat pemiliknya bak mendapatkan durian runtuh. Sama halnya jika seseorang memiliki lahan di jalur yang strategis, ia bisa menyewakan atau menjual lahan tersebut dengan harga mahal ketimbang lahan yang berada di lokasi pinggiran.

Barangkali Anda pernah mendengar kisah nyata bagaimana business.com dijual dengan harga $7,5 juta dan loans.com dengan $3 juta. Tak heran jika keluarnya domain baru .asia akhir-akhir ini menjadi ajang perburuan layaknya IPO saham di pasar perdana.

Nah, jika Anda tertarik dengan bisnis sewa-menyewa lahan online atau bahkan ingin mewarisi anak cucu berupa lahan maya, park domain adalah salah satu jawaban untuk itu. Bermodal rata-rata Rp 100.000 untuk setiap nama domain, Anda bisa menjadi tuan tanah di negeri maya.
Yang diperlukan hanyalah membeli domain kemudian bisa diparkirkan di beberapa alamat berikut.

  • Activeaudience.com
  • Domainspa.com
  • DomainHop.com
  • Domainspa.com
  • DomainSponsor.com
  • Dotzup.com
  • Fabulous.com
  • Godaddy.com
  • Goldkey.com
  • imonetize.com
  • moneyparking.com
  • NameDrive.com
  • Trafficparking.com
  • Parked.comParkingDots.com
  • Parking4income.com
  • ParkingPanel.com
  • Sedo.com
  • SmartName.com
  • TrafficValet.com
  • WhyPark.com
    Bagi pengunjung, park domain terkadang menjengkelkan karena apa yang dilihat hanyalah link-link iklan yang sebenarnya tidak ia cari. Tidak ada content yang bisa ia baca dari domain tersebut. Padahal, content adalah bagian yang paling banyak dicari oleh pengunjung dan mesin pencari. Nah, bagi yang ingin menggabungkan content dengan link-link yang ada di park domain, WhyPark bisa dijadikan pilihan. Dengan WhyPark, domain akan berisi content plus link sesuai keyword. Content berupa artikel atau berita juga akan diisi oleh penyedia layanan sehingga kita tidak perlu bersusah-payah untuk menulisnya.
    Maka, WhyPark sebenarnya kurang pas jika dikatakan sebagai ‘murni’ park domain karena domain tidak akan di-parkir begitu saja namun juga berisi content yang bisa terus diupdate sesuai keyword yang dipilih. Selain content, pemilik domain juga masih bisa menempatkan banner banner iklan bahkan adsense dalam halaman web tersebut.
    Karena layanan yang ‘lebih’ inilah WhyPark memasang ongkos US$ 99 untuk seumur hidup bagi mereka yang ingin menjadi member. Dengan menjadi member, Anda bisa menempatkan maksimal 100 domain yang akan dibuat khusus sesuai keinginan, free hosting dan support.
    Sebenarnya, jika ingin serius mendapatkan pendapatan dari pay per click, layanan WhyPark sangat pas untuk dipilih meski harus merogoh sedikit kocek terutama bagi mereka yang tidak mau ribet dengan tetek-bengek semacam penulisan content dan html. Domain yang kemudian akan menjadi situs berisikan content, park, adsense dan banner iklan, boleh dikatakan sepadan dengan ongkos yang dikeluarkan.

Langkah Parking

1. Mencari nama atau keyword untuk domain

Beberapa cara mencari nama domain :


- Keyword yang banyak dicari atau yang menjadi trend
Keyword yang banyak dicari bisa dicari dengan menggunakan software SEOElite (www.seoelite.com) berbayar atau melalui website :
google.com/trends
freekeywords.wordtracker.com/
wordtracker.com/
technorati.com/pop/
50.lycos.com
pulse.ebay.com
buzz.yahoo.com
adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
keyworddiscovery.com/search.html
adsense-tool.com/keywordmarketingbuddy.php

Saat sekarang, mencari nama yang bagus untuk domain .com boleh dibilang agak susah karena sebagian besar domain sudah dibeli sejak booming dotcom. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan .net, .biz, .org, .info, .asia, dsb.


- Nama orang Pebisnis, artis, pejabat, atlet atau tokoh-tokoh terkenal adalah nama untuk domain yang juga bisa diparkirkan sesuai dengan kecakapannya masing-masing. Bahkan jika Anda belum memiliki domain untuk nama Anda sendiri, cepat-cepatlah dibeli karena sekian tahun kemudian, bisa jadi nama tersebut akan menjadi nama presiden republik domain yang kesekian.

- Nama lokasi
Untuk nama lokasi khususnya kota besar, Anda bisa menambahkan dengan ~times, ~today atau ~news.

- Istilah bidang-bidang tertentu (mis : www.manajerinvestasi.com).

- Expired domain
Expired domain (expired traffic) adalah domain yang tidak diperpanjang lagi oleh pemiliknya karena sengaja atau karena lupa memperpanjang. Kelebihan mendapat expired domain adalah trafik yang tinggi jika kebetulan domain tersebut sudah memiliki trafik.

Beberapa alamat untuk mencari expired domain :
deleteddomains.com
drophunt.com/search.php
domainbroadcasting.com
justdropped.com
expireworks.com
expireddomainsearch.net
Untuk software pencari expired domain dapat diunduh di www.expireddomainsleuth.com.

2. Membeli domain

Untuk tujuan parking, Anda hanya perlu membeli domain tanpa hosting. Saat ini, harga domain rata-rata dalam rupiah adalah Rp 100.000.

Beberapa alamat yang bisa digunakan untuk membeli domain :
Idwebhost.com
Godaddy.com
Hostgator.com
Techscape.co.id
Indosite.com
Manchesterdomain.com

Berikut adalah langkah-langkah pembelian domain.

Pilihlah nama domain yang diinginkan. Jika nama domain yang dipilih tidak tersedia karena sudah ada yang memiliki, maka Anda harus menggantinya dengan nama yang lain. Isi data-data yang diperlukan dengan beberapa pilihan yang bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan.
Setelah mendaftar, akan ada perintah kemana Anda harus melakukan pembayaran untuk mengaktifkan domain yang dipesan. Jika pembayaran sudah selesai dilakukan, penyedia layanan akan mengirimkan username dan password melalui email. Username dan password inilah yang akan digunakan untuk login di cpanel yang biasanya beralamat di www.domainanda.com/cpanel/

3. Mendaftar park domain.
Anda bisa mendaftarkan domain untuk diparkir melalui beberapa alamat park domain yang sudah dibahas sebelumnya. Tabel berikut bisa dijadikan bantuan untuk memutuskan alamat mana yang sebaiknya diikuti berdasarkan jumlah domain yang dimiliki dan akan diparkirkan.

Untuk contoh berikut digunakan layanan dari Namedrive.com dengan pertimbangan bisa mendaftar melalui email gratisan.

a. Klik Sign Up Now di halaman depan NameDrive.com.

Masukkan data yang diminta.

b. Login di Namedrive.com dengan alamat email dan password yang digunakan saat mendaftar di NameDrive.

Submit alamat domain yang akan diparkir pada kolom yang tersedia.
Save & Continue.

c. Ubah lokasi server sesuai tempat parkir.
Cara 1 : Ubah alamat server.
Untuk NameDrive.com :
ns1.fastpark.net (206.130.11.197)
ns2.fastpark.net (216.8.177.29)

Cara 2: URL Forwarding
Login ke cpanel domain Anda lalu forward domain Anda sesuai alamat tujuan.
Untuk NameDrive.com, alamat tujuannya adalah : www.ndparking.com/domain.com
Catatan : ganti domain.com dengan nama domain Anda.

Contoh :
Domain : www.direktoribeasiswa.com
URL forwarding-nya adalah : www.ndparking.com/direktoribeasiswa.com

Setting keyword untuk masing-masing nama domain.


1 comment:

Togu Siregar said...

wah info yang sangat menarik!
terimakasih