Thursday, August 28, 2008

Paid to Write

Jika Anda suka menulis, paid to write atau paid to review adalah program yang menyenangkan untuk diikuti. Seperti namanya, Anda akan dibayar hanya untuk menulis opini yang berhasil dimuat tentang suatu produk, layanan atau website tertentu.

Hanya saja untuk mengikuti program ini, Anda harus cakap menulis dalam bahasa Inggris dan pada umumnya harus memiliki blog dengan trafik tertentu. Semakin banyak pengunjung blog Anda, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan bayaran lebih. Jika ingin menulis review atas suatu produk yang pernah dipakai dan mendapatkan bayaran dalam rupiah untuk setiap tulisan yang berhasil dimuat, bisa dicoba Pintunet.com

Mengapa seorang penulis, publisher atau blogger bisa dibayar untuk menulis ?
Pada umumnya, perusahaan atau orang yang memiliki produk, jasa atau apa pun yang ingin dipromosikan (melalui internet) membutuhkan publikasi. Semakin banyak pihak yang mempublikasikan atau mereview produk atau jasa tersebut, semakin besar pula harapan produk atau jasa tersebut untuk dikenal. Oleh karena itu, bukan hal yang mustahil jika advertiser atau pengiklan berani membayar mahal untuk sebuah tulisan yang bisa ditulis di blog yang memiliki banyak pengunjung. Produk atau jasa yang di-review pada suatu blog yang memiliki banyak pengunjung, jelas memiliki peluang besar untuk menjadi lebih dikenal.
Gambar. Beragam penawaran di Payperpost

Jadi, yang dilakukan oleh publisher atau blogger untuk memulai program ini adalah memiliki blog dengan content berbahasa Inggris. Blog tersebut kemudian akan dijadikan ‘sampel’ saat melamar sebagai penulis. Jika disetujui oleh pengiklan atau advertiser, publisher harus menulis review atau tulisan yang sudah disetujui di blognya dan akan mendapatkan bayaran untuk itu.
Namun jika tidak memiliki blog, Anda masih bisa mengikuti program ini yang tidak mensyaratkan kepemilikan blog. Salah satunya adalah Daytipper.com. Disini Anda bisa menulis tips-tips praktis dan ringan setelah login dengan bayaran minimal $1 per posting jika dimuat.

Langkah Memulai
Ada banyak alamat dimana Anda bisa mengikuti program paid to review. Yang jelas, masing-masing layanan memiliki persyaratan sendiri bagi publisher yang ingin bergabung seperti umur blog, page rank, kualitas dan kuantitas content, dsb.

Jadi, jika belum memiliki blog, Anda bisa membuatnya baik yang gratisan (blogger, wordpress, dll) atau yang berbayar (memiliki domain dan hosting sendiri). Semakin tinggi page rank dan Alexa ranking-nya, semakin mudah untuk mendaftar program ini.

Oleh karena itu, ada baiknya mempelajari dulu persyaratan dan karakteristik masing-masing penyedia program agar Anda bisa diterima. Semakin besar bayaran yang bisa diterima, semakin ketat pula penyedia layanan memberikan persyaratan bagi publisher yang berminat bergabung.
Contoh berikut menggunakan Buyblogreviews yang mensyaratkan umur minimal blog adalah 30 hari.

Buatlah blog dengan beberapa posting berbahasa Inggris dan jangan sekali-kali melakukan copy-paste dari sumber lain.

  • Sign-up di Buyblogreviews.com
  • Jika lamaran diterima, Anda akan menerima pemberitahuan lewat email.
  • Setelah login, akan ada tampilan daftar ‘proyek’ yang bisa dikerjakan.
  • Klik jenis pekerjaan yang ingin diikuti.
  • Dalam layar baru yang muncul, terdapat jenis pekerjaan beserta persyaratan yang harus dipenuhi. Lakukan penawaran dengan klik Bid Now jika Anda bisa memenuhi syarat tersebut.
  • Pilih blog milik Anda yang ingin menjadi tempat menulis review. Jika penawaran yang diajukan kemudian diterima, Anda harus segera menyelesaikan tugas tersebut.

Alamat Paid to Write/ Review
Beberapa alamat berikut memiliki persyaratan yang berbeda bagi publisher yang ingin mendaftar. Semakin sulit tulisan yang bisa dipublish, semakin mahal bayaran yang bakal diterima.

About.com
Blogburner.com
Blogfeast.net
Bloggerwave.com
Blogitive.com
Blogsvertise.com
Blogtoprofit.com
Botwmedia.com/botw-bloggers
Buyblogreviews.com
B5media.com
CreamAid.com
Creative-weblogging.com
Daytipper.com
Digitaljournal.com
Helium.com
Inblogads.com
Linkworth.com
Loudlaunch.com
Mashable.com
Payperpost.com
Paymetoblogaboutyou.com
Reviewme.com
sigtrader.com
Smorty.com
Squidoo.com
SponsoredReviews.com
Shvoong.com
Weblogsinc.com
Wordfirm.com
451press.com

No comments: