Thursday, August 28, 2008

Paid to Take Picture

  • Suka dengan fotografi atau desain grafis ? Jangan biarkan hasil karya Anda terlewatkan begitu saja karena ada banyak sumber yang bersedia membeli hasil karya dengan harga yang lumayan.
    Penerbit, pemilik website atau mereka yang membutuhkan foto atau gambar adalah pihak yang biasanya membutuhkan produk semacam ini. Semakin unik foto yang Anda miliki, semakin besar pula peluang untuk ‘jual mahal.’ Kalau pun foto yang Anda miliki tidak ingin dijual namun hanya sekedar ‘dipamerkan,’ komisi dari download yang dilakukan pengunjung juga akan diterima.

Langkah Pendaftaran
Berikut adalah contoh pendaftaran di Fotolia.com. Sebelum mendaftar, beberapa hal yang perlu diketahui adalah :

  • Fotolia mencari obyek yang simpel, umum namun unik serta orang dengan beragam ekspresi saat aktivitas (olah raga, bekerja atau keluarga).
  • Foto yang bisa diterima : proporsional dan berukuran minimum 1600*1200 pixel.
  • Hanya menerima foto dengan format JPG atau JPEG. Dengan begitu, format Bit Map PNG, PSD, RAW, TIFF, dan CMYK tidak diperkenankan.
  • Fotolia akan menolak foto dengan content pornografi, kekerasan, rasis atau illegal content serta miskin komposisi.
  • Bebas dari efek excessive artistic.

    1. Sign up di Fotolia.com
    Sebelum meng-upload dan menjual foto, Anda harus lulus ‘ujian’ dari beberapa pertanyaan yang disediakan. Setelah lulus dari ujian, Anda bisa mulai meng-upload foto dan menjualnya.
    2. Klik Upload new file yang bisa dilakukan dengan cara upload seperti upload biasa, dengan flash atau melalui software ftp.
    Gambar. Cara upload file.
    Jika dilakukan dengan cara yang biasa, browse untuk mencari foto yang disimpan di komputer.

Alamat paid to take picture

Shutterstock.com
Di Shutterstock foto milik Anda akan dibayar 25 sen dolar untuk setiap foto yang diunduh oleh pengguna. Jika pendapatan Anda sudah mencapai $500, komisi yang didapatkan akan naik 30 sen dolar untuk setiap download.

Selain dengan cara menjual foto, Anda juga bisa mendapatkan komisi dari program afiliasi bagi sesama fotografer maupun dari pembeli yang direferensikan oleh Anda. Untuk menjadi member, Anda harus men-scan KTP, SIM atau pasport dalam format JPEG, TIF, atau PDF.

Dreamstime.com
Anda akan mendapatkan 50% - 80% dari setiap penjualan. Jika aplikasi diterima, foto Anda berarti siap untuk dijual dan akan ditempatkan di level pertama. Jika foto sudah diunduh sebanyak 25 kali, otomatis akan naik menjadi level kedua dan naik menjadi level kelima jika diunduh sebanyak 200 kali.

Untuk setiap transaksi, Anda akan menerima komisi mulai 50% samai dengan 80%. Jika sudah mencapai minimum $100, Anda bisa menarik komisi Anda di Management Area melalui cek, Paypal atau Moneybookers.

Bigstockphoto.com
Sebelum meng-upload foto, terlebih dulu Anda harus ‘lulus’ dari semacam tes yang dilakukan. Untuk setiap foto yang diunduh, Anda akan menerima komisi mulai dari 50 sen, $1, bahkan $60 yang akan dibayarkan melalui Paypal atau MoneyBookers.

Shareapic.net

No comments: