Thursday, August 28, 2008

Paid to Survey

Hampir dipastikan bahwa setiap perusahaan yang menjual barang atau jasa akan melakukan survey untuk melihat potensi pasar, kepuasan konsumen dan banyak hal lain yang dilakukan agar bisnisnya bisa tetap eksis. Jutaan dollar dihabiskan untuk membiayai riset agar produk atau jasa yang ditawarkan dapat memuaskan konsumennya.

Kondisi ini membuka peluang bagi siapa saja yang bersedia dan bisa berpartipasi dalam riset tersebut dengan menjadi responden. Untuk bisa menjadi responden, seseorang bisa mendaftarkan dirinya untuk melakukan survey, focus group atau secret shoppers. Point, voucher atau dollar adalah reward yang umum diberikan oleh perusahaan-perusahaan tersebut kepada para para responden online.

Sebelum mengikuti survey, ada baiknya mempelajari beberapa hal berikut karena 'kesuksesan’ menjadi responden akan ditentukan setidaknya oleh :

1. Banyaknya perusahaan riset yang Anda ikuti.
Semakin banyak perusahaan riset yang diikuti, semakin besar pula peluang yang akan didapatkan. Jika hanya puluhan yang diikuti, kecil kemungkinan bisa mendapatkan profit dari aktivitas ini.
2. Kesesuaian profil responden
Kendati sudah mendaftarkan diri di banyak situs riset, hal ini belum bisa menjamin bakal dilibatkan dalam riset tersebut. Sebab, masing-masing riset atau perusahaan riset memiliki persyaratan-persyaratan yang berbeda bagi respondennya. Sebagai contoh, Anda tidak akan dilibatkan survey jika jenis kelamin Anda laki-laki sementara mereka membutuhkan perempuan.
3. Waktu yang Anda luangkan untuk riset.
Sebisa mungkin, Anda harus selalu ‘siap’ untuk melakukan tugas-tugas sebagai seorang responden. Ini mutlak dilakukan karena riset biasanya memiliki tanggal deadline yang harus segera dilakukan sebalum tenggat waktu tersebut. Karena itu, rajin-rajinlah login atau membuka email.
4. Mendesak-tidaknya survey.
Survei yang lebih mendesak biasanya akan menawarkan imbalan yang lebih besar.
5. Panjang-pendek survei.
Semakin banyak pertanyaan atau isian yang harus dijawab biasanya memberikan imbalan yang lebih besar.
6. Faktor ‘keberuntungan’
Tidak semua perusahaan riset memberikan imbalan kepada mereka yang terlibat. Terkadang, perusahaan akan memberikan tanda terima kasih dengan cara mengundi untuk menentukan siapa-siapa saja yang berhak mendapat imbalan. Sebagai contoh, situs www.npdor.com akan mengundi setiap bulannya anggota yang beruntung. Karena itu, rajin-rajinlah untuk mengunjungi situs karena siapa tahu Anda berhak atas hadian itu.

Langkah Bergabung
Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa bergabung menjadi responden online research.

1. Buat email Khusus
Email adalah keharusan bagi mereka yang terbiasa dengan internet. Kendati demikian, disarankan untuk membuat email khusus untuk riset. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa email yang masuk dalam inbox adalah email yang berasal dari situs riset dimana Anda mendaftar.
2. Gunakan software otomatis
Bayangkan jika Anda mendaftarkan diri pada 100 perusahaan riset dan harus mengisi form isian yang sama (misal nama, umur, alamat, negara, dll). Pekerjaan ini tentu akan sangat membosankan sekaligus juga melelahkan.
Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan software yang akan mengisi form yang sama secara otomatis. Form ini akan mengisi data secara otomatis di semua situs sehingga Anda tidak perlu mengetik ulang data jika terdapat kolom isian yang sama. Cara ini memang bukan keharusan, namun akan mempercepat dan mempermudah Anda mengisi form-form yang ada pada halaman survei.

Beberapa software yang bisa digunakan adalah :
a. RoboForm
Bagi pengguna Windows bisa menggunakan software RoboForm yang bisa diperoleh secara gratis (versi trial) di www.roboform.com.
b. TypeItIn
TypeItIn bisa Anda unduh melalui alamat http://www.wavget.com/dltypeitin.html. Untuk membuat databasenya, Anda bisa klik kanan, lalu klik New Group. Untuk pembuatan tombol, klik kanan lalu pilih New Button. Jika data sudah lengkap, Anda tinggal mengisi kolom-kolom isian dengan klik tombol-tombol tersebut.
c. Ad-Wizard
Ad-Wizard akan sangat membantu bila Anda akan mengisi form-form isian dalam satu halaman sekaligus. Anda bisa download di alamat http://www.wavget.com/dladwizard.html.

3. Mendaftar Survei

Alamat Paid to Survey :

www.acop.com
www.AdvisoryPanel.com
www.BetaSphere.com
www.ciao.co.uk
www.cobbey.com
www.Compurxinc.com
www.ConsumerOpinionPanel.com
www.ConsumerLink.com
www.ContractorBoard.com
www.crcwis.com
www.Cross-Tab.com
www.cyberpulse.com
www.DisneyMagazinePanel.com
www.DrugVoice.com
www.EasyRewards.com.au
www.eDigitalResearch.com
www.EssenceWow.com
www.ExecutiveAdvisoryBoard.com
www.EyeCloud.com
www.ffinet.com
www.FocusLine.com
www.focusworldint.com
www.FoodQuiz.com
www.gang.net
www.globaltestmarket.com
www.gmrnet.com
www.goglobal.com
www.GulfSurveys.com
www.HarrisPollonline.com
www.Hartmaninteractive.com
www.HealthTrak.com
www.InsideHeads.com
www.Intellisurvey.com
www.InternetPoll.com
www.interactiveopinions.com.au
www.IOCS.net
www.Ipsoscom.au
www.jcoc.net
www.LiveSurveys.com
www.MBSInternet.com
www.Marketing-Analytics.co.uk
www.MarketReaderPro.com
www.MarketProfiles.net
www.MarketViewResearch.com
www.MarketSurveys.com
www.McMillionResearch.com
www.mhamr.co.uk
www.MusicResearch.com
www.microsoft.com/mscop/marketing_research/www.OnlineSurveys.com
www.OpinionsCount.com
www.opinionNow.co.uk
www.opinionspaid.com
www.OpinionPlace.com
www.osMoz.com
www.OpiStat.com
www.OstermanResearch.com
www.ourradar.com
www.panel.sotech.com
www.panel.vividence.com
www.Partnership-Plus.com
www.PhysiciansCouncil.com
www.PicktheHits.com
www.PlanetPanel.net
www.product-testing.com
www.PSBsurveys.com
www.reach-the-edge.com
www.ScienceBoard.com
www.SeniorSurvey.com
www.SocraticForum.com
www.SongPeople.com
www.SportingInsights.com
www.studyresponse.com
www.survey.google.com
www.SurveyCenteronline.com
www.SurveyComplete.com
www.SurveysOnline.com
www.SurveyPeace.com
www.SurveySavvy.com
www.SurveySite.com
www.Surveys.com
www.surveyscout.com
www.TechnologyBoard.com
www.TestSpin.com
www.thinkaction.com
www.TrendScan.de
www.TrialSize.com
www.UsabilitySciences.com
www.USAPanel.com
www.Us.MediaTransfer.com
www.VeriTest.com
www.Wellness-Interactive.com
www.WPulse.net
www.yoursay.com
www4.Gartner.com
ww.2020Research.com

No comments: